6 Kampus Terindah di Inggris Raya


Negeri Ratu Elizabeth memang selalu punya daya tarik tersendiri. Kerajaan Inggris sudah memberi corak warna tersendiri bagi sejarah peradaban dunia di berbagai bidang kehidupan. Harry Potter, James Bond, Mr. Bean, Sherlock Holmes, Coldplay, The Beatles, sampai English Premier League adalah sebagian kecil produk dari Britania Raya yang mendunia.

Di dunia pendidikan pun, Inggris Raya selalu menjadi destinasi favorit para pelajar dari berbagai belahan dunia. Banyak ilmuan dan tokoh ternama dunia yang pernah menimba ilmu di institusi pendidikan Inggris. Sebut saja Mahatma Gandhi, Alexander Graham Bell, Stephen Hawking, sampai Chris Martin. Bukan hanya karena reputasi universitas di Inggris, tetapi juga kemegahan serta keindahan arsitektur kampusnya yang menjadi saksi sejarah perkembangan kebudayaan manusia  yang menjadi magnet kuat yang sulit diabaikan begitu saja.

Britania Raya adalah rumah bagi universitas-universitas terbaik dunia yang tersebar dari Inggris, Wales, Skotlandia, hingga Irlandia Utara. Bukan hanya terbaik, tetapi juga sarat dengan kampus-kampus yang indah dan arsitektur yang menawan. Tentu saja kita tidak boleh menilai kualitas buku dari sampulnya saja, tetapi kita juga harus jujur mengakui bahwa terkadang buku yang berkualitas juga pasti dikemas dalam sampul yang menarik pula. Sehingga tidak ada salahnya menyimpan kekaguman pada keindahan bangunan universitas dengan arsitektur khas benua biru.

Oleh karenanya, berdasarkan pengalaman saya menjelajahi kampus-kampus di negeri Union Jack melalui blog dan website selama proses panjang perburuan LoA dan beasiswa, saya mengabadikan kekaguman saya dalam tulisan ini yang merangkum 6 deretan kampus terindah di Britania Raya menurut versi saya. 

6. The Queen`s University of Belfast

Sesuai namanya, Queen`s University of Belfast (QUB) adalah perguruan tinggi yang terletak di Kota Belfast yang merupakan ibukota Irlandia Utara. QUB merupakan universitas tertua ke sembilan di Britania Raya. Kampus ini didirikan oleh Ratu Victoria pada abad ke 19 tepatnya tahun 1845 tetapi baru dibuka pada tahun 1849.
QUB merupakan universitas tertua di bagian utara Irlandia dan dibuat dari tiga Queen`s College yaitu Cork, Galway, dan Belfast. QUB sebenarnya didirikan oleh Ratu Victoria sebagai alternatif universitas tanpa dedominasi, mengingat kampus Trinity College Dublin yang terletak di kota Dublin Republik Irlandia saat itu dikontrol oleh gereja dari dedominasi Anglikan.
QUB terdiri dari lebih dari 300 bangunan. Akan tetapi bagunan utama yang menjadi simbol QUB adalah the Lanyon Building. Diambil dari nama Sir Charles Lanyon yang merupakan arsitek main bulding Lanyon. Desain QUB yang dibuat Sir Lanyon dan dibangun dengan batu pasir dan bata merah merefleksikan dengan kuat kebudayaan dan sisi historis Irlandia pada masa itu dan masih menjadi salah satu bangunan terindah di Kota Belfast.
Lanyon Building - Queen's University of Belfast

5. The University of Edinburgh
The University of Edinburgh

Universitas ini terletak di kota Edinburgh yang merupakan ibukota Skotlandia. University of Edinburgh (UoE) sendiri berdiri tahun 1582 dan merupakan kampus tertua keenam di English-speaking world. UoE adalah salah satu kampus terbaik di Inggris Raya dan dunia saat ini. Menurut QS World University Ranking yang terbaru (2020), UoE masuk dalam 20 universitas terbaik dunia. Oleh karenanya, pernah diterima oleh UoE merupakan sebuah kebanggan tersendiri walaupun pada akhirnya tidak jadi melanjutkan studi di sana.
UoE juga sudah melahirkan banyak pengukir sejarah dunia. JK Rowling dan Arthur Conan Doyle, sang penulis Sherlock Holmes, adalah sebagian dari alumni UoE. Alexander Graham Bell juga merupakan lulusan UoE sebelum melanjutkan pendidikan ke University College London (UCL).
Bukan hanya kampus UoE, tapi keseluruhan kota Edinburgh adalah representasi keindahan. Walaupun berstatus sebagai ibukota, kota yang dijuluki Athens of the North ini bukanlah kota terbesar di negara asal Sir Alex Ferguson itu.  Kota ini dijuluki Athena dari Utara karena Edinburgh menjadi pusat perkembangan filsafat, ekonomi dan kedokteran di tahun 1700an. 

Edinburgh adalah kota yang sangat indah. Terdiri dari Old Town dengan arsitektur khas abad pertengahan dan New Town yang lebih modern tapi tetap meniggalkan kesan klasik dari jaman kerajaan Inggris. Saat saya menulis ini, saya belum pernah menginjakkan kaki di sana. Tetapi dengan berselancar di internet dan mendegar testimoni dari teman yang pernah berkunjung ke sana membuat saya pun mengagumi kota ini dan berharap dapat melihatnya langsung suatu saat nanti.
The View of Edinburgh City

Sebagai informasi, Harry Potter lahir di kota Edinburgh di sebuah kafe kecil bernama Elephant House. Di kafe yang tak jauh dari Edinburgh Castle inilah JK Rowling menghabiskan waktunya menulis buku serial Harry Potter.


4. Royal Holloway University

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, Royal Holloway University of London (RHU) pada umumnya bukanlah destinasi utama para pelajar yang ingin bersekolah di UK. Walaupun demikian, keindahan kampus RHU tidak bisa dilewatkan begitu saja. RHU juga tercatat sebagai salah satu universitas yang pertama kali membuka akses bagi wanita untuk mengenyam pendidikan tinggi.
RHU terletak di Egham dan merupakan gabungan dari dua college yaitu Bedford College dan Royal Holloway College. Bedford College pertama kali dibuka tahun 1849. Sedangkan Royal Holloway College diresmikan Ratu Victoria tahun 1886. Di Royal Holloway College inilah terdapat bangunan Founder`s Building yang menjadi ikon dari RHU. Tahun 1900, kedua college tersebut bergabung ke dalam University of London yang merupakan asosiasi atau perkumpulan universitas-universitas yang berada di kota London. Bedford College dan Royal Holloway College baru bergabung menjadi Royal Holloway University seperti yang dikenal sekarang pada thun 1985.
Founder's Building Royal Holloway University 

3. University of Glasgow
University of Glasgow 
University of Glasgow (UoG) has always been my first love. I am forever grateful for being offered a place to study there. 
Di luar dari sisi akademis, saya selalu menyimpan kekaguman terhadap arsitektur UoG. University of Glasgow merupakan universitas tertua ke-4 di English-Speaking World dan berdiri sejak tahun 1451. Skotlandia memang banyak menyimpan universitas-universitas tertua di daratan Britania. Selain University of Edinburgh dan Glasgow, University of Aberdeen dan St. Andrew juga masuk jajaran universitas tertua di Inggris Raya.
Jika Anda adalah penggemar Harry Potter, keindahan kampus UoG akan langsung mengingatkan Anda pada Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry. UoG memang terkenal akan arsitekturnya yang bertema gotik (gothic revival) seperti halnya Palace of Westminster yang mulai berkembang pada zaman Renaissance. Selain arsitektur bangunannya secara keseluruhan, Glasgow University Cloisters yang indah nan elegan juga adalah spot di dalam kampus UoG yang selain sangat instagram-able, juga sangat mengundang decak kagum.
Glasgow University Cloister

Glasgow sendiri merupakan kota terbesar di Skotlandia dan terbesar ke empat di Britania Raya setelah London, Birmingham, dan Leeds. Konon, kata Glasgow berasal dari bahasa Gaelic (bahasa asli orang Skotlandia) yang berarti lembah hijau. Kota ini juga terkenal akan rivalitas klub sepakbolanya yaitu Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers.
Dari segi akademik, UoG selalu konsisten berada dalam jajaran 100 universitas terbaik di dunia. Salah satu alumni UoG yang terkenal adalah Gerard Buttler. Pemeran Mike Banning dalam film serial Olympus Has Fallen, London Has Fallen, dan Angel Has Fallen.

2. University of Oxford

University of Oxford adalah salah satu universitas terbaik di dunia. Oxford selalu masuk dalam jajaran universitas terbaik di planet ini bersama dengan Cambridge, Harvard, Stanford, dan MIT. Sehingga orang-orang yang bisa berkuliah di sana memang adalah orang-orang dengan kualitas yang luar biasa.
Tidak ada dokumentasi sejarah yang jelas mengenai kapan Oxford pertama kali berdiri. Namun aktivitas mengajar sudah ada sejak tahun 1096 dan menjadikannya sebagai universitas tertua di English-Speaking World. Oxford berkembang pesat sejak tahun 1167 saat King Henry II melarang mahasiswa Inggris untuk belajar di University of Paris.
Selain reputasi akademik yang luar biasa, kampus yang bermotto Dominus Illuminatio  Mea (Lord is my light) itu juga memiliki bangunan yang sangat indah. Salah satu bangunannya digunakan sebagai lokasi syuting film Harry Potter. Aula utama dalam film Harry Potter yang merupakan tempat seluruh siswa berkumpul saat makan, penyambutan siswa baru, dan pembagian house oleh Sorting Hat aslinya merupakan Christ Church, sebuah gereja yang berada di dalam Oxford University. Hal ini juga menjadikan Oxford sebagai satu-satunya kampus dengan gereja di dalamnya.
Christ Church-Oxford University

Oxford University juga memiliki perpustakaan terbesar sekaligus juga kampus dengan percetakan terbesar di dunia (Oxford University Pers).


University of Oxford

1. University of Cambridge

University of Cambridge juga merupakan salah satu kampus terbaik di Inggris dan di seluruh dunia. Bersama dengan Oxford, keduanya sering disebut sebagai Oxbridge (Oxford Cambridge) karena rivalitas satu sama lain dan dipandang sebagai universitas yang paling elit dan terpandang di Britania. Selain itu, Cambridge juga memiliki sejarah yang berkaitan erat dengan Oxford.
Pada tahun 1209, sempat terjadi konflik antara para pelajar dan masyarakat di kota Oxford yang membagi akademisi Oxford menjadi dua kubu. Satu memilih untuk tetap berada di Oxford, sedangkan yang lain memilih lari ke Cambridge. Merekalah yang kemudian mendirikan sebuah perguruan tinggi baru yang kemudian resmi berdiri sebagai University of Cambridge.
Cambridge juga merupakan rumah penghasil ilmuwan-ilmuwan yang mengubah dunia dan tokoh-tokoh terkenal lainnya. Sebut saja  Stephen Hawking, Isaac Newton, Carles Darwin, Niels Bohr, Ernest Rutherford, sampai Tom “Loki” Hiddlestone dan Arsene Wenger mantan pelatih klub Arsenal. Bahkan John Harvard, yang merupakan pendiri Harvard University sebagai universitas tertua di Amerika adalah alumni University of Cambridge.
Cambridge selain dari sisi kelimuan, juga menyimpan sejuta pesona lewat keindahan bangunan kampusnya. Beberapa kali Cambridge University juga muncul dalam film-film terkenal seperti pada film biografi Stephen Hawking berjudul The Theory of Everything. Selain itu juga sempat keluar dalam film Sherlock Holmes yang kedua yang merupakan tempat tokoh antagonis utama yang jenius ,James Moriarty, mengajar sebagai dosen.
The Beauty of Cambridge

Sebagai tambahan, Cambridge University menyediakan beasiswa penuh yang sangat prestisius yaitu Gates Cambridge Scholarship. Beasiswa ini diberikan tiap tahunnya oleh Bill Gates kepada calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang menjanjikan serta leadership dan influencing skill yang kuat. 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

A passionate medical doctor aiming to become forefront in medical practice, research and education.This blog is inteded to be a platform to share the beautiful and unforgetable journey in pursuing higher education abroad.

0 comments:

Post a Comment